Teratasi! TERPECAHKAN

Topik awal:

Sebuah Prestasi Kala SMP #MyBestMoment

(Topik dibuat pada: 03-07-2021 03:43 PM)
haniff113_
Expert Level 5
Pilihan
Competition
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Haloo, selamat sore sobat members! Gimana kabarnya hari ini? Semoga sehat dan selalu semangat, ya! Dan jangan lupa untuk terus patuhi protokol kesehatan jika ada keperluan untuk keluar rumah. Nah, di thread ini, aku mau sedikit sharing tentang pengalamanku saat mengikuti ajang kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) sewaktu di bangku SMP dua tahun yang lalu, dimana experience yang satu ini termasuk MyBestMoment dalam hidupku yang mau aku sharing sama kalian di sini. Dan sedikit catatan, berhubung aku ceritanya cuma berdasarkan ingatanku aja, so mungkin ada yang kurang pas dengan kejadian yang sebenarnya pada waktu itu, hehe.. maklum ingatan manusia sangat terbatas, jadi maaf untuk itu. OK, langsung aja ya, check it out!

image

Aku merasa sangat bangga menjadi salah satu siswa yang mengikuti OSN. Bagaimana tidak, OSN ini adalah salah satu ajang perlombaan bergengsi yang ada di Indonesia. Nah, apa OSN itu? Yakin, pasti sobat members sudah pernah atau bahkan sering mendengarnya. Olimpiade Sains Nasional atau disingkat menjadi OSN merupakan program Kemendikbud yang diadakan setiap tahunnya yang memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfer cinta pelajaran sains dan kompetisi pada jenjang SD, SMP, dan SMA dari tingkat sekolah, Kab/Kota, Provinsi dan Nasional. OSN ini menjadi salah bentuk dari kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam bidang akademik terutama sains. OSN ini berbentuk sebuah kompetisi yang fokus pada bidang sains, yaitu Matematika, IPA, dan IPS. OSN mempunyai tema "Mengembangkan kemampuan '4K' kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif siswa melalui Sains".

Nah, karena aku sedang di bangku SMP jadi aku mengikuti OSN jenjang SMP yang telah terselenggara sejak tahun 2002 hingga kini, dan waktu itu adalah OSN tahun 2019 dimana aku sedang duduk di kelas VIII. Aku terpilih menjadi seorang siswa yang mewakili sekolahku untuk OSN bidang IPA ke tingkat Kab/Kota. Dan singkat cerita, aku membeli smartphone samsung pertamaku dengan alasan untuk OSN ini, ..hehe. Di tingkat ini setiap sekolah mengirimkan satu orang siswa setiap bidang untuk berkompetisi.

OSN SMP tingkat Kab/Kota atau biasa disebut dengan OSK tahun 2019 dilaksanakan pada Sabtu, 16 Maret 2019. Di pagi hari itu aku bersiap berangkat ke sekolah dengan perasaan yang campur aduk dan nervous+deg-degan pasti ada. Setibanya di sekolah, peserta dan pembimbing segera mempersiapkan untuk berangkat ke tempat berlangsungnya kompetisi. Kami pun berangkat menggunakan mobil dan sampai di tempat tujuan sekitar jam 7.30 pagi. Para peserta mencari ruangannya masing-masing. Kemudian para perserta berkumpul di aula untuk disampaikan beberapa hal oleh panitia OSK. Seleksi di tingkat Kab/Kota ini dilakukan melalui tes tertulis.

Kompetisi pun dimulai, para peserta menuju ruangannya masing-masing. Sebelum mengerjakan soal, terlebih dahulu panitia menyampaikan aturan selama kompetisi berlangsung. Dan pada jam 8.00 para peserta mulai mengerjakan soal. Aku mendapat nomor peserta 27. Aku berdo'a terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Waktu mengerjakan soal adalah 120 menit, yaitu hingga jam 10.00. Untuk IPA, jumlah soal 50 butir pilihan jamak dengan skor benar = 4, salah = -1, tidak dijawab = 0. Aku berusaha mengerjakan dengan sebaik-baiknya dan penuh keyakinan. Aku mengakhirinya dengan do'a juga dan berserah diri pada-Nya untuk hasilnya nanti. Kami pun beristirahat sejenak dan kemudian menuju ke sekolah. Di tengah perjalanan, kami makan siang di sebuah rumah makan. Kemudian melanjutkan perjalanan dan sampai di sekolah sekitar jam 11.00. Lalu aku pulang ke rumah dan beristirahat.

Satu minggu kemudian, tepatnya Sabtu, 23 Maret 2019 ditetapkan siswa pemenang di tingkat Kab/Kota. Ketika itu aku sedang di kelas dan ada salah temanku yang ikut OSK juga yang memberi tahu bahwa aku lolos seleksi sebagai juara ketiga dan berhak menuju ke tingkat Provinsi atau biasa disebut OSP. Aku sontak senang sekali, speechless, dan surprised itu juga ada. Sesampainya di rumah, aku ingin segera memberi kabar gembira ini kepada orang tuaku, dan mereka pun juga sangat bahagia mendengarnya. Kemudian aku dibelikan buku OSN IPA SMP untuk mendukungku di kompetisi mendatang. Beberapa hari kemudian aku diberi kabar oleh pembimbing jika ada pembinaan untuk persiapan OSP. 

Pembinaan ini diadakan mulai 27 Maret sampai 11 April 2019 di sebuah SMP. Pembinaan dilakukan dari jam 10.00 sampai jam 14.30. Setiap pembinaan kadang aku diantar oleh bapak guru pembimbing dan kadang oleh pegawai TU (Tata Usaha). Dengan adanya pembinaan ini, aku merasa sangat senang yang di mana dibina oleh pembimbing dari berbagai sekolah yang sangat mahir, komunikatif, dan penyampaiannya begitu menyenangkan. Di situ aku juga bertemu dengan siswa-siswa dari sekolah-sekolah lain yang lolos seleksi di tingkat Kab/Kota dimana masing-masing bidang ada tiga orang siswa (juara 1-3), ini sungguh berkesan dan menyenangkan.

OSP SMP tahun 2019 diadakan pada 12 sampai 13 April 2019. Kamis malam hari, aku mempersiapkan keperluan untuk dua hari itu. Dan sesampainya pada Jumat, 12 April 2019 para peserta dan pembimbing dimohon segera berkumpul di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten pukul 13.00. Aku yang di hari itu sedang ada praktik memasak harus meninggalkannya dan kemudian pamit kepada teman-teman, guru wali kelas, dan bapak kepala sekolah untuk meminta restu. Sesampainya di rumah aku bergegas untuk sholat Jumat, lalu berpamitan dengan orang tua dan meminta restu, dan setelah selesai aku diantar oleh ayahku menemui bapak guru pembimbing yang akan mengantarku ke kantor Dinas Pendidikan Kabupaten. Kami sampai di tempat tujuan sedikit terlambat dan di sana sudah hadir para peserta dan pembimbing dari sekolah lain. Di sana kami diberi pengarahan, bekal, dan jaket berwarna merah maroon.

image

Sejenak kami berfoto bersama, kemudian segera berangkat menuju ke tempat tujuan sekitar jam 13.30, untuk OSP SMP Jawa Tengah tahun 2019 dilaksanakan di LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Jawa Tengah yang berada di Kota Semarang. Selama perjalanan aku mendengarkan musik melalui earphone dengan smartphone samsungku dan tak lupa aku mengabari orang tuaku. Di tengah perjalanan kami singgah sejenak di sebuah masjid di Kota Salatiga untuk sholat Ashar dan dilanjutkan makan siang. Akhirnya, kami sampai di LPMP Jawa Tengah sekitar jam 16.30. Di situ para peserta melakukan daftar ulang. Aku mendapat nomor peserta 39. Sehabis itu, kami menuju ke sebuah hotel yang tak jauh dari lokasi LPMP Jawa Tengah. Sesampainya di hotel, pembimbing memesan kamar, kemudian kami menuju kamar masing-masing. Untuk satu kamar diisi oleh tiga orang siswa. Kami pun langung bersiap-siap untuk acara pembukaan jam 19.00. Sekitar 15 menit sebelum acara dimulai.

Acara pembukaan pun dimulai yang dihadiri para peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah, sungguh momen yang sangat berkesan. Setelah acara selesai sekitar jam 21.00, kami makan malam, kemudian langsung menuju hotel untuk beristirahat.

image

image

Keesokan harinya, yaitu Sabtu, 13 April 2019 pagi harinya kami bersiap, lalu sarapan, dan berangkat menuju ke LPMP Jawa Tengah untuk mengikuti OSP SMP tahun 2019. Sesampainya di tempat tujuan para peserta langsung menuju ruangan masing-masing. Sebelum dimulai, panitia menyampaikan aturan selama kompetisi berlangsung dan para peserta diminta untuk meletakkan tas nya di bagian depan ruangan. Seleksi di tingkat provinsi ini dilakukan melalui tes tertulis. Kemudian waktu mengerjakan soal dimulai jam 8.00. Sungguh moment yang luar biasa ini, berkompetisi dengan berbagai siswa di berbagai daerah di Jawa Tengah, benar-benar MyBestMoment. Untuk IPA, soal berjumlah 30 butir pilihan jamak dengan skor benar = 4, salah = -1, dan tidak dijawab = 0, dan 10 butir isian singkat dengan skor benar = 4, salah dan tidak dijawab = 0. Waktu pengerjaan soal adalah 150 menit, yaitu hingga jam 10.30. Aku berdo'a pada saat sebelum dan sesudah mengerjakan soal, berserah diri kepada-Nya untuk hasilnya.Setelah selesai mengerjakan dan mengumpulkan soal, para peserta dipersilahkan untuk mengambil snack dan memakannya. Kemudian kami ke luar gedung dan sedikit membahas tentang soal.

image

image

image

Tak lama kemudian, keluargaku datang untuk menjemputku. Aku pun mengambil barangku dan berpamitan kepada para pembimbing untuk pulang bersama keluargaku. Aku dan keluargaku pun melakukan perjalanan pulang. Di tengah perjalanan kami singgah di sebuah masjid untuk sholat zhuhur. Kemudian kami melanjutkan perjalanan. Lalu kami berkunjung di Cimory On The Valley di Semarang untuk makan siang dan membeli beberapa buah tangan, aku sangat menyukai tempat itu. Setelah selesai, kami melanjutkan perjalanan dan mampir ke kost kakakku di Salatiga. Kemudian kami menuju ke rumah dan sampai sekitar jam 16.00. Lelah dan menyenangkan itulah kesan setelah OSP di Semarang.

Beberapa minggu kemudian, pada 6 Mei 2019 diumumkan pemenang seleksi OSP SMP tahun 2019, dan aku dinyatakan tidak lolos. Aku menerima keputusan ini dan berusaha menjadi jauh lebih baik lagi di masa mendatang. Aku sangat senang dan bangga dengan apa yang aku capai ini. Walaupun prestasi ini belum seberapa, but for me experience ini sungguh membanggakan dan menyenangkan, yang nggak bakal aku lupakan.

image

Aku ucapkan banyak rasa syukur kepada Allah Swt. Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan anugerah dan kemudahan untukku, dan terimakasih kepada orang tua dan guruku yang telah membimbing dan mensupport aku. Semoga di bangku SMA ini dan masa yang akan datang, aku bisa mencetak prestasi yang lebih baik dari ini, aamiin.

image

image

 
Dan thread ini aku buat, juga untuk memotivasi dan menginspirasi sobat members terutama bagi Gen Z agar selalu berusaha mencetak sebuah ataupun segudang prestasi dimulai dengan sekecil apapun itu, karena dengan itu kita tidak hanya membanggakan bagi diri sendiri, namun juga orang-orang di sekitar kita terutama orang tua kita. Semoga kita bisa mencetak prestasi dalam bentuk apapun itu ya, bukan hanya sebatas akademik. Mungkin cukup sampai di sini yang bisa saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya dan kehadirannya di thread ini. Dan apabila ada kesalahan dalam penulisan dan/atau kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat members, saya mohon maaf. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Stay safe and stay healthy!

28 Solusi


Solusi yang Diterima
Solusi
masbi
Expert Level 5
Pilihan
Competition
selamat y mas hanif bisa mewakiki kab.klaten ke tingkat propinsi..menurutku itu pencapaian yang amazing
tetap belajar dan semoga di tingkat SMA bisa ikut OSN sehingga bisa beersaing di tingkat nasional..aamiin

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
masbi
Expert Level 5
Pilihan
Competition
saya lihat memang hanif anak pintar dan humble..sukses ya le

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
GantiAccount
Expert Level 5
Pilihan
Competition
wahh selamat ya dan good luck 🥳

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
Wolf28
Expert Level 5
Pilihan
Competition
mantabb prestasi yg membanggakan..
sukses selalu..😉🤗👍

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
ryannn_
Expert Level 5
Pilihan
Competition
Wahh keren berprestasi🤩

Good luck yaa nif🥳🔥🔥

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
CJ7_Junior
Expert Level 5
Pilihan
Competition

MasyaAllah..

Tingkatkan terus prestasi mu Kaka, semoga kelak lebih baik lagi dari yg sebelumnya..

Goodluck ya 😉👍

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
bayJoee
Expert Level 5
Pilihan
Competition
😁👍🏻👏🏻

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
ᵃˢᵉᵖ
Expert Level 5
Pilihan
Competition
good luck bang Haniff 🥳💪😉👍

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
elviro
Expert Level 5
Pilihan
Competition
Mantul hanif, pinter bgt ikut olimpiade😃👍🏼
Good luck ya..

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
Pilihan
Competition
WOW keren banget Nif, memang best moment itu🏆

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
ArkaG
Expert Level 1
Pilihan
Competition
mau tukeran otak :< 🐯

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
thias
Pilihan
Competition
uwaaaa selamaaat... semoga makin rajin belajarnya😊👍

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
Pilihan
Competition
Sama-sama Nif, sukses yoo😎👍

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
Wolf28
Expert Level 5
Pilihan
Competition
ashiapp lanjutkan..🤗😉👍

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
07i
Expert Level 5
Pilihan
Competition
asekk braderNiff....
kompetisi para generasi2 HEBAT...
terimakasi sajian kecenya yg menginspirasi banget

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
07i
Expert Level 5
Pilihan
Competition
sip sip goodluck yaa!!!

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
rizkiarnaz
Expert Level 5
Pilihan
Competition
mantap prestasinya 👍👍

good luck ya 🤝🙏

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
DewiNurizza
Expert Level 5
Pilihan
Competition
WAHH Dek Hanif, ceritanya sungguh sangat MEMOTIVASI 👍👍👍

SEMOGA SUKSES
TETAP SEMANGAT YAA 👍👍

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
Fly124
Expert Level 5
Pilihan
Competition
Gapai terus cita-cita mu 😭😭, selama itu baik semangat terus🥳🥳.

Good Luck ya😉. Btw, namanya memang Hanif aja ya?😭😭🙏🙏

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
نجوم
Expert Level 5
Pilihan
Competition
sangat menginspirasi, teman teladan dan cukup bikin insecure 😭😭😭😴

memang keren kamu weh!!😮👍🏻 tingkatkan terus tetap semangat belajar nya and goodluck yaa!!"😼👻

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
burhan206
Pilihan
Competition
wihh cerita yg menarikk bang 😁👍💯

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
ŤûķäņğŇgopi
Expert Level 5
Pilihan
Competition
Mantap bro ...👍👍

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
ᴀᴅʀɪᴀɴ
Expert Level 5
Pilihan
Competition
semoga berhasil😁

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
ven2vie
Expert Level 5
Pilihan
Competition
Anak hebat Hanifff👍👍👍👍👍👍

teringat saya pernah komen di postingan Haniff bahwa
generasi muda para members di SM
saya meyakini adalah generasi hebat, positif dan optimistis...
dan Salahsatunya adalah HANIFF...

Salam Super dan Salam Hebat Haniff. ..


Goodluck yah...

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
Pilihan
Competition
Hi master @haniff113_, hebaaat dan kereeeen👏🏻👏🏻👏🏻
Good luck yaa bro 😊😃

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
Moderator3
Moderator
Moderator
Pilihan
Competition

wih nice banget! goodluck ya kak, semoga menang!

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
aryuoke
Expert Level 3
Pilihan
Competition
waaah.. mantab..
sebuah pencapaian yg luar biasa.
selamat ya hanif..

Lihat solusi di pesan asli

Solusi
07i
Expert Level 5
Pilihan
Competition
wow dapat juara...asekk terbayar disini kompetisinya yg tertunda juaranya

Lihat solusi di pesan asli

71 Komentar
Solusi
masbi
Expert Level 5
Pilihan
Competition
selamat y mas hanif bisa mewakiki kab.klaten ke tingkat propinsi..menurutku itu pencapaian yang amazing
tetap belajar dan semoga di tingkat SMA bisa ikut OSN sehingga bisa beersaing di tingkat nasional..aamiin

Lihat solusi di pesan asli

haniff113_
Expert Level 5
Pilihan
Competition
terimakasih mas masbi
aamiin.. 😇🍀
Solusi
masbi
Expert Level 5
Pilihan
Competition
saya lihat memang hanif anak pintar dan humble..sukses ya le

Lihat solusi di pesan asli

haniff113_
Expert Level 5
Pilihan
Competition
hehe terimakasih mas aamiin😇
Solusi
GantiAccount
Expert Level 5
Pilihan
Competition
wahh selamat ya dan good luck 🥳

Lihat solusi di pesan asli

haniff113_
Expert Level 5
Pilihan
Competition
terimakasih 😇🙏🏻
Solusi
Wolf28
Expert Level 5
Pilihan
Competition
mantabb prestasi yg membanggakan..
sukses selalu..😉🤗👍

Lihat solusi di pesan asli

haniff113_
Expert Level 5
Pilihan
Competition
terimakasih mas😇🙏🏻
Solusi
Wolf28
Expert Level 5
Pilihan
Competition
ashiapp lanjutkan..🤗😉👍

Lihat solusi di pesan asli