Topik awal:

Samsung A50S : Smartphone Paling Sempurna dari Samsung

(Topik dibuat pada: 12-14-2019 07:57 PM)
Gioabi
Beginner Level 4
Pilihan
Galaxy A
Samsung saat ini tengah bersaing di pasar smartphone kelas menengah. Bersaing dengan para kompetitornya dari negara Tiongkok yang beberapa di antaranya sudah menduduki posisi di atas Samsung sebagai penjualan terlaris di Indonesia. Tapi menurut saya, penawaran yang mereka sajikan lewat smartphonenya tidak sesempurna milik Samsung. Untuk kelas menengah, Samsung bersaing dengan seri A yang mengusung berbagai macam fitur-fitur menarik. Salah satunya ada di seri Samsung Galaxy A50S.

Samsung Galaxy A50S merupakan penerus sekaligus penyempurna dari seri A50 yang dikeluarkan sekitar bulan Maret/April dan A50S baru diluncurkan sekitar bulan Oktober. Sudah berselang 2-3 bulan dari waktu peluncuran, saya tetap 'keukeuh' untuk membeli smartphone ini. Padahal kalau dilihat dari milik kompetitornya, fitur-fitur yang ditawarkan hampir menyamai A50S dan membuat mungkin banyak pengguna cukup sulit untuk memilih mana yang terbaik, termasuk saya. Namun, setelah ditelusuri, menurut saya Samsung A50S merupakan smartphone yang paling sempurna di kelas menengah. Itulah yang membuat saya tetap bertahan untuk membeli seri ini.

Tapi apa sih yang membuat saya bisa mengatakan bahwa A50S paling sempurna?

Intinya, menurut saya, Samsung A50S memiliki fitur yang tidak dikurang-kurangi. Malah bisa dibilang dilebih-lebihkan. Kok gitu? Coba saja kita sebutkan satu per satu fitur dan spesifikasinya.

1. Layar
Walaupun berada di kelas menengah, Samsung berani menggunakan tipe layar Super AMOLED di seri A50S. Padahal, beberapa kompetitor berani mengurangi resolusi dan jenis layarnya dengan menggunakan tipe IPS. Namun, samsung sangat patut diapresiasi. Tidak hanya tipe layar, A50S memiliki kerapatan dan resolusi layar yang cukup tinggi, yaitu 1080p. Hal ini tidak banyak dibenamkan oleh para kompetitornya dari Tiongkok dengan harga yang sama.

2. Memori RAM
Berbicara soal RAM, produksi smartphone saat ini tengah berlomba-lomba menjadi yang tercepat dan terlancar apalagi untuk mentarget ke masyarakat yang suka game. Oleh karena itu, banyak produsen yang menawarkan RAM yang besar, mulai dari ukuran 4 GB sampai 12 GB untuk kelas menengah. Karena ukuran RAM semakin besar, seharusnya harga smartphone juga semakin besar. Namun, fenomena saat ini, mereka menawarkan RAM besr dengan harga terjangkau tapi dengan berbagai macam pengurangan seperti layar di atas. Samsung A50S lagi lagi mampu menyeimbangkan fitur-fiturnya dengan harga terjangkau. Walaupun memiliki ukuran RAM yang terbilang kecil dari para kompetitornya (Oppo A9 mencapai 8 GB), namun Samsung tetap mempertahankan 'kemewahannya' seperti contoh pada layarnya.

3. Desain
Mungkin ini bisa disebut sebagai pengurangan fitur, tapi menurut saya ini tidaklah masalah. A50S memiliki case yang terbuat dari **bleep** namun masih bisa menyediakan desain yang cukup elegan dengan hologram berbentuk prisma di bagian belakangnya. Tidak hanya soal desain, bobot yang ditawarkan pun sangat ringan dan tipis dibanding beberapa kompetitornya 

4. Fingerprint on Screen
Ini salah satu fitur yang saya sukai dari A50S. Fitur ini terbilang cukup keren karena bisa scanning fingerprint di atas layar bukan di tombol bagian belakang. Fingerprint on Screen mungkin masih banyak dibenamkan di dalam seri-seri smartphone kelas atas. Namun, Samsung berani benamkan di A50S yang beberapa kompetitornya belum banyak yang membenamkan fitur ini di kelas menengahnya. Layar AMOLED plus Fingerprint on Screen. Kurang sempurna apa smartphone ini.

5. Fitur Lainnya 
Fitur lainnya seperti NFC menjadi keunggulan dari seri A50S. Dikisaran harga dan kelas yang sama, masih jarang smartphone yang memiliki fitur ini. Mungkin dulu Sony menjadi salah satu pelopor NFC ini. Namun sayangnya saat itu NFC sangat tidak dikenal oleh masyarakat. Saat ini NFC sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari seperti top up emoney atau bayar dengan uang digital. 

Itulah beberapa hal yang membuat saya sangat menyukai dan bisa mengatakan bahwa smartphone ini paling sempurna di kelasnya dimana tidak banyak pengurangan fungsional dan teknis yang dibenamkan dalam seri A50S.

Tapi bagaimana dengan Samsung A51 nanti ya?

#samsung #samsunga50s #perfect #smartphone 
10 Komentar
Sintiafebs
Expert Level 5
Pilihan
Galaxy A
paket komplit bro 👍
Gioabi
Beginner Level 4
Pilihan
Galaxy A
bener banget 👍👍👍
Dhia_lb
Active Level 4
Pilihan
Galaxy A
mantab👍
0 Jempol
StevenGozali
Active Level 6
Pilihan
Galaxy A
saya setuju emang di bnding brand lain samsung lebih mahal dikit tpi samsung pny bnyk keunggulan juga.
Florkk
Expert Level 5
Pilihan
Galaxy A
kalau di bandingin sama Oppo A9 mending A50s ini kalau mikir 2× tapi kalau dibandingin ama Realme Xt 60% anda akan memilih Xt.

perbandingan spek utama
1.Samsung A50s vs Oppo A9
A50s:layar Amoled,NFC,4000Mah Afc 15w,RAM 4/64 atau 6/128,chipset, Exynos 9611(setara Snapdragon 710).harga mulai 3,8jt(4/64)

Oppo A9:layar IPS,5000Mah 10w, charging,RAM 8/128,chipset, Snapdragon 665.harga mirip 4jt

tetapi pasti akan memilih A50s

2.Samsung A50s vs Realme Xt
Realme Xt:layar Amoled,4000Mah Vooc 3.0 20w,RAM 4/128 atau 8/128,chipset Snapdragon 712.harga mirip 3.8jt

tetapi mungkin akan lebih memelih Realme Xt.harga mirip,spek hampir sama namun dengan teknologi yg lebih wau.

Tetapi Samsung A50s juga bagus ko.One UI Samsung yg jelas,enak dipandang,update Android 2×,Update security patch hinnga 3 tahun.Menjadikan nilai tambah untuk Smartphone Samsung 2019👍👍

Gioabi
Beginner Level 4
Pilihan
Galaxy A
mungkin selain realme xt pesaing terdekatnya dari a50s itu realme 8 pro, sama redmi note 8

tapi tetep aja mending samsung 😅
0 Jempol
Florkk
Expert Level 5
Pilihan
Galaxy A
jangan dibandingkan sama yang layar IPS tapi harga 3jt-an.saya compare dengan Realme Xt karena sama2 menggunakan layar S.amoled dan harganya mirip😁
0 Jempol
Florkk
Expert Level 5
Pilihan
Galaxy A
sans A51 nanti mirip2 kaya A50s paling menonjol bentuk layar,jumlah kamera doang😁😁👍
abdurraim
Pilihan
Galaxy A
mantap paket lengkap
0 Jempol